Panggung Krapyak

foto : antarafoto

PANGGUNG KRAPYAK

          Panggung Krapyak merupakan bangunan yang dahulu merupakan tempat para raja Kasultanan Yogyakarta berburu binatang liar, salah satunya rusa atau menjangan, sehingga bangunan ini juga dikenal sebagai Kandang Menjangan. Bangunan yang berusia hampir 250 tahun, terletak di daerah yang dahulu merupakan Hutan Krapyak, tempat Putra Panembahan Senopati wafat.

          Bangunan Panggung Krapyak berbentuk persegi empat, dimana setiap sisi bangunan memiliki sebuah pintu dan dua buah jendela. Bangunan ini terbagi menjadi dua lantai. Lantai pertama memiliki empat ruang dan lorong pendek sebagai penguhubung pintu dari setiap sisi. Lantai dua merupakan ruangan terbuka yang cukup luas yang dibatasi pagar berlubang. Ketinggian bangunan ini diduga banyak orang berguna sebagai pos pertahanan, dimana dari tempat ini gerakan musuh dari arah selatan bisa dipantau sebagai peringatan dini bagi Keraton Yogyakarta. Para prajurit berjaga di tempat ini sekaligus berlatih berburu dan berperang.

          Panggung Krapyak terletak di poros imajiner kota Yogyakarta, yang menghubungkan Gunung Merapi, Tugu Jogja, Keraton Yogyakarta, dan Laut Selatan atau Pantai Parangtritis.

          Di sebelah selatan Panggung Krapyak terdapat kompleks Pondok Pesantren Krapyak yang menerima banyak santri dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s